GUNUNG GEDE PANGRANGO


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Di pedalaman Kabupaten Cianjur, bebatuan megalit tersebar di area seluas 3 hektar. Adalah Situs Gunungpadang, komplek punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Situs purbakala ini bisa Anda kunjungi di akhir pekan. Disebut begitu karena situs ini terletak di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Dusun Panggulan. Tepatnya di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 45 Menit perjalanan dari Kota Cianjur. Terletak di ketinggian 885 mdpl, areal ini memiliki komplek bangunan seluas 900 meter persegi.

Pada tahun 1979, penduduk setempat melapor pada pihak Kecamatan Cempaka tentang keberadaan tumpukan bebatuan. Bentuknya persegi besar dengan berbagai ukuran, tersusun dalam beberapa undakan. Minimnya informasi pada masa itu membuat situs ini tempat keramat bagi warga lokal. Penduduk setempat menganggap situs ini sebagai istana tempat tinggal Prabu Siliwangi. Untuk mencapai situs ini, Anda harus menaiki lebih dari 400 anak tangga curam yang terbuat dari batu andesit. Namun, kemegahan situs purbakala akan mengobati rasa lelah tepat ketika Anda tiba di undakan pertama. Bebatuan besar disusun secara poligonal, yang digunakan sebagai tangga untuk mencapai puncak bukit. Memasuki puncaknya, Anda akan disambut oleh batu-batu besar yang membentuk sebuah pintu gerbang.

Dari titik ini, Anda bisa melihat hamparan bebatuan besar dengan berbagai bentuk dan sisi. Terkadang segi lima atau segi enam dengan permukaan batu yang halus. Bebatuan di situs ini berjenis andesit basaltis, hasil proses vulkanis dari Gunung Padang tempatnya bertengger. Para arkeolog menyebutkan Situs Gunungpadang sudah ada sejak 2000 tahun S.M. Itu berarti ribuan tahun sebelum Kerajaan Kutai berdiri di Pulau Kalimantan! Menurut legenda, Situs Gunungpadang merupakan tempat pertemuan berkala para ketua adat dari masyarakat Sunda Kuna. Ditambah lagi, bebatuan tersebut mengarah secara simetris ke Gunung Gede, yang dianggap sakral karena merupakan kawasan Kerajaan Pajajaran. Bahkan kepercayaan ini masih lestari hingga sekarang. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan para turunan masyarakat Sunda Kuna melakukan pemujaan di situs ini. Sumber artikel dari travel.detik.com

Gunung Gede Pangrango

Untuk Mencapai Situs Gunung Padang

Lokasi Gunung Padang yang berbukit-bukit dan curam membuat situs ini sulit dijangkau. Meski begitu, untuk mencapaai Situs Gunung Padang dapat diakses dari pusat Kota Cianjur yang akan memakan waktu kira-kira 45 menit.

Ada Dua Rute Mudah Yang Bisa Di Tempuh:

Menggunakan jalur Cianjur-Sukabumi. Dari Desa Warungkodang, ambil jalur kanan melewati Cipadang, Cibokor, Lampengan, Pal Dua, Ciwangin, Cimanggu dan kemudian akan sampai di wilayah Gunung Padang Menggunakan jalur Tegal Sereh. Dar Sukaraja ke arah kiri menuju Cireungas, Cibanteng, Rawabesar, Sukamukti, Cipanggulaan dan kemudian akan sampai di wilayah Gunung Padang. Sumber artikel dari www.klikmania.net

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi sagittis, sem quis lacinia faucibus, orci ipsum gravida tortor, vel interdum mi sapien ut justo. Nulla varius consequat magna, id molestie ipsum volutpat quis. Suspendisse consectetur fringilla luctus. Fusce id mi diam, non ornare orci. Pellentesque ipsum erat, facilisis ut venenatis eu, sodales vel dolor.

Jam Operational

Senin - Jumat
08:00 - 17:00

Sabtu
08:00 - 14:00

Minggu & Tanggal Merah
Tutup

Lokasi

Alamat:
Jl. Brigadir Jenderal Jl. Slamet Riyadi No.15, Pamoyanan,
Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43211

Kontak Kami

Phone:
(0263) 261755

Email:
niagacianjur@gmail.com